this is it

this is it
Chelsea FC #9

Selasa, 28 Februari 2012

Polemik Infrastruktur atau Kesehatan Mahasiswa


     “Mensana in Corporisano”  adalah ungkapan yang sangat akrab di telinga kita, bahwasannya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dalam meningkatkan kualitas kehidupan kita, sangat penting rasanya ketika kita mempunyai tubuh yang sehat. Demi tercapainya tujuan itu, kita perlu melakukan usaha, yaitu dengan melaksanakan olah raga secara teratur maupun dengan mennjaga pola makan kita sehari-hari.

Tidak hanya dengan olah raga maupun pola makan teratur untuk menjaga kesehatan kita, kita juga perlu mengindari beberapa hal yang dapat merusak kesehatan kita, seperti merokok dan meminum minuman keras. Ya, rokok dan minuman keras sangat sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Kali ini saya akan sedikit memberkan pendapat mengenai rokok, apalagi kita sebagai mahasiswa yang merupakan tulang punggung bangsa kita di masa depan sangat tidak masuk akal jika kita mengonsumsi rokok. Bagaimana kita bisa melindungi dan berjuang demi Negara kita, jika kita sendiri tidak bisa melindungi dan merawat diri kita sendiri.

Saya sebagai mahasiswa sangat mendukung diadakannya kawasan bebas rokok di lingkungan pendidikan, lebih sempit lagi di lingkungan universitas. Dimana sebagian besar penghuninya adalah kaum muda yang berpeluang besar  mengonsumsi rokok . Sudah sepantasnya para pemegang kekuasaan melarang untuk adanya kerjasama atau sponsorship dengan produk rokok jenis apapun. Namun, belakangan ini banyaknya perusahaan rokok berkedok foundation mengelabui masyarakat dengan iming-iming sponsor yang menggiurkan, perbaikan infrastruktur, beasiswa, dan lain-lain. Tapi, melihat banyaknya keburukan daripada kebaikan yang diberikan, haruskah pemegang kebijakan mengambil keputusan untuk mengambil sponsor dari perusahaan rokok demi besarnya bantuan yang diberikan dan mengorbankan kesehatan mahasiswanya.

Seperti yang kita semua ketahui, banyak bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam satu batang rokok. Tidak hanya pada batang rokok, tapi pada asapnya juga terdapat beberapa kandungan yang berbahaya. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 63 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb. Saya juga menemukan pernyataan yang menyebutkan, suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

            Jadi, maukah lingkungan kita semua dicemari oleh asap-asap “kematian” tersebut?


Referensi :

Rizqi Khoyrul Umam
Staf Media Informasi Teknik
BEM KMFT UGM 2012

0 comments:

Posting Komentar